SIAPA SAJAKAH YANG TERLIBAT DALAM PEMENTASAN DRAMA?

A. Staf Produksi

Staf produksi bertugas mengelola dan bertanggung jawab terhadap perencanaan, pihak pemain, dan penilaian terhadap pementasan tersebut. Staf produksi dikendalikan oleh beberapa elemen yang berperan sebagai produser, sutradara, dan stage manager.

1. Produser

Produser adalah staf produksi yang pertama kali dalam struktur perencanaan pementasan teater. Tugas seorang produser adalah:

1. mengurus produksi secara keseluruhan

2. memilih karyawan

3. menentukan anggaran belanja

4. membuat Program kerja.

2. Sutradara

Sutradara adalah pemimpin tertinggi dalam pelaksanaan pementasan drama, pemilihan naskah, penunjukan pemain, dan pengadaan latihan.

3. Stage Manager

Stage manager adalah staf produksi yang mempunyai tugas membantu sutradara dalam mengkoordinasi seluruh pelaksanaan tugas-tugas teater atau drama. Begitu banyaknya tugas dan tanggung jawab sutradara sehungga agar dapat berjalan dengan baik pada saat latihan dan pementasan, perlu ada seorang pembantu. Itulah mengapa stage manager diperlukan dalam pementasan teater.

B. Staf Artistik

Pementasan perlu adanya sentuhan seni agar pementasan tersebut agar menjadi lebih baik, termasuk dekorasi, tata lampu, kostum, tata rias, dan tata suara.

Berikut bagian-bagian staf artistik.

1. Desainer Dekorasi.

Desainer dekorasi bertugas mengatur dekorasi sesuai dengan tuntutan naskah.

2. Desainer Tata Busana ( Kostum )

Kostum sangat mendukung penggambaran watak tokoh dalam pementasan drama. Tugas desainer tata busana adalah memilih kostum yang cocok untuk para aktor.

3. Desainer Tata Lampu

Tata lampu dalam pementasan drama bukan hanya berfungsi sebagai penerang namun juga mendukung situasi dan suasana pementasan teater. Seorang desainer tata lampu harus dapat menyesuaikan cahaya lampu dengan situasi dalam setiap adegan drama.

4. Desainer Tata Rias.

Seorang desainer tata rias harus memahami peran dan watak yang akan dibawakan oleh tokoh. Namun, dalam hal ini seorang desainer tata rias tidak boleh berlebihan dalam menerapkan riasan aktor. Hendaknya para aktor dirias dengan riasan yang wajar.

5. Desainer Tata Suara.

Tugas desainer tata suara yaitu:

– memberikan ilustrasi yang memperindah

– memberikan latar belakang

– memberikan warna psikologis

– memberikan tekanan kepada nada dasar drama

– membantu dalam penonjolan lakon

– memberikan tekanan pada keadaan yang mendesak

– memberikan selingan.

Tinggalkan komentar