APA ITU DRAMA?

Dalam pengertiannya yang paling umum, drama adalah setiap karya yang dibuat untuk dipentaskan di atas panggung oleh para aktor. Secara sempit, drama adalah suatu pertunjukan yang serius tentang hal-hal yang dianggap penting. Pengertian ini berasal dari Prancis pertengahan abad ke-18, ketika Diderot dan Beaumarchais menggunakan istilah tersebut untuk menyebut drama-drama mereka tentang kehidupan masyarakat kelas menengah. Di jaman modern, istilah ini mencakup semua pertunjukan teater yang serius (Ibnu Wahyudi, dkk., 2006:117).

Elizabeth Lutters (2004:35) mengungkapkan bahwa drama adalah sebuah genre sastra yang penampilan fisiknya memerlihatkan secara verbal adanya dialogue atau percakapan di antara tokoh-tokoh yang ada.

Drama berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak, dan sebagainya. Drama juga berari hidup yang dilukiskan dengan gerak. Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama. Dalam bahasa Belanda, drama adalah toneel yang kemudian oleh PKG Mangkunegara VII dibuat istilah “sandiwara” (Vignet, mentorplus.multiply.com: 2008).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: